Cara Mengatasi Video Instagram yang Tidak Bisa Diputar


Aplikasi sosial media populer berbasis foto, Instagram tak hanya dapat digunakan untuk mengunggah gambar atau foto saja. Ya, saat ini Instagram juga bisa digunakan untuk menggunggah video singkat dengan durasi hingga 60 detik.

Tak hanya itu saja, bahkan kini Instagram juga punya fitur live broadcasting sama seperti Bigo Live dan beberapa aplikasi video live broadcasting lainnya. Fitur-fitur tersebut semakin membuat Instagram berjaya dan diminati lebih banyak orang. Akan tetapi ada beberapa kendala yang kerap dikeluhkan oleh pengguna Instagram.

Salah satu kendalanya ialah tidak bisa diputarnya video saat menjalankan aplikasi Instagram. Banyak user Instagram yang bertanya-tanya sebenarnya apa yang menjadi penyebab mengapa video Instagram tidak bisa diputar dengan lancar. Nah, untuk menjawab rasa penasaran anda, berikut kami bagikan sedikit tips cara mengatasi video Instagram yang tidak bisa diputar.


1. Cek Versi Instagram

Pertama-tama yang harus anda lakukan saat video Instagram tidak bisa diputar adalah mengecek versi aplikasi Instagram yang anda gunakan. Pastikan aplikasi Instagram anda merupakan aplikasi versi terbaru. Cara ceknya bisa langsung buka Play Store untuk perangkat Android, dan lihat apakah ada tombol updatenya.

2. Aktifkan Preload Wifi Only

Langkah kedua yang harus anda lakukan untuk mengatasi video Instagram tidak bisa diputar adalah mengaktifkan fitur preload video saat terhubung pada jaringan wifi saja. Dengan begitu video akan otomatis diputar saat anda menggunakan jaringan wifi, dan dimatikan saat anda menggunakan paket data.

3. Clear Cache Instagram

Jika kedua langkah tadi masih belum bisa mengatasi video Instagram yang tidak bisa diputar, maka anda harus melakukan clear cache aplkasi Instagram. Anda bisa melakukan clear cache melalui menu Settings atau Pengaturan, lalu pilih Manager Aplikasi dan clear cache aplikasi Instagram.

4. Install Ulang Aplikasi Instagram

Langkah terakhir untuk mengatasi masalah tidak bisa memutar video di Instagram adalah dengan install ulang. Ya, anda harus menghapus aplikasi Instagram dari smartphone ataupun tablet PC anda, lalu mendownload ulang dan menginstallnya kembali ke perangkat anda.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Selain beberapa langkah cara mengatasi video Instagram tidak bisa diputar yang kami sebutkan tadi, pastikan pula koneksi internet yang anda gunakan lancar dan cepat. Jika tidak, maka video Instagram tidak akan bisa diputar dengan lancar. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel